Saturday, January 9, 2016

MENCARI INFORMASI KEBUTUHAN DALAM PROSES PERANCANGAN GRAFIS

Sebelum memulai sebuah proyek, pengumpulan data dan informasi adalah langkah pertama dari proses desain grafis. Pastikan untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dari klien. 
Beberapa hal yang perlu ditanyakan kepada klien adalah:
  • Apa kebutuhan klien?
  • Siapa audience hasil desain grafisnya?
  • Apa produk yang dibuat?
  • Apa pesan dibalik dari pembuatan produk?
  • Berapa ukuran atau dimensinya?
  • Kapan batas waktu penyelesaian?
  • Contoh desain yang klien sukai seperti apa?
  • Bagaimana filosofi dari merek perusahaan tersebut?
  • bagaimana desain yang dibuat sebelumnya?
Targer Audience adalah hal yang pertama kali harus kita tahu sebelum mendesain produk.
  1. Menentukan audience berdasarkan letak geografi atau lokasinya. Seperti negara, propinsi, kabupaten, kota, atau kawasan lainnya. Dengan mengetahui lokasi dari target produk, maka kita bisa menentukan budaya, adat, bahasa, agama dan habbit dari masyarakat setempat.
  2. Menentukan audience berdasarkan umurnya, pendidikannya, suku, agama, jenis kelamin, status perkawinan, dan juga status sosialnya.
  3. Segmentasi psikografi juga sangat penting dalam membantu pembuatan produk berdasarkan status sosial, gaya hidup, kepribadian dan lain-lainnya.
  4. Segmentasi perilaku dibagi berdasarkan status pemakai, kejadian, tingkat pengguna, status kesetiaan, tahap kesiapan pembeli, dan sikap.
             

0 comments:

Post a Comment